Wisata Taman Sari Yogyakarta

0

Wisata Taman Sari Yogyakarta – Selain terkenal dengan banyaknya pantai, Yogyakarta sangat populer dengan tempat- tempat bersejarah. Apalagi dulunya, pada daerah ini terdapat sebuah kerajaan. Tidak jauh dari Keraton Yogyakarta, ada sebuah taman yang hingga saat ini diminati oleh wisatawan. Bahkan, tidak hanya wisatawan lokal saja yang mengunjungi tempat ini. Banyak wisatawan mancanegara datang untuk menyaksikan keindahannya. Taman apakah itu?

 

Mengenal Destinasi Wisata Taman Sari Yogyakarta

 

Wisata Taman Sari Yogyakarta adalah sebuah bangunan bekas taman keraton yang memiliki gaya arsitektur Jawa dan Portugis. Arsitektur tersebut menjadi daya tarik tersendiri. Karena corak dan gaya bangunannya yang berbeda dari bangunan yang berada di Keraton Yogyakarta. Menurut sejarah, Taman Sari dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I (1755- 1792). Taman ini dibangun sekitar tahun 1758- 1765 dengan nama The Fragrant Garden dengan luas wilayah seluas 10 hektar. Taman Sari dulunya pernah digunakan oleh Susuhunan Paku Buwono II sebagai tempat peristirahatan kereta kuda.

Dalam proses pembangunan Taman Sari dipimpin oleh Tumenggung Mangundipuro kemudian digantikan oleh Pangeran Notokusumo karena beliau mengundurkan diri. Serta untuk arsiteknya yaitu Demang Tegis seorang arsitek dari Portugis. Itulah sebabnya, bangunan Taman Sari mempunyai gaya yang unik perpaduan dari corak Jawa dan Portugis.

Dengan area yang luas, Setidaknya ada 57 bangunan yang berdiri di atas taman tersebut. Konon dulunya taman ini memiliki fungsi sebagai benteng terakhir apabila istana diserang. Namun, kini Taman Sari sudah beralih fungsi menjadi destinasi wisata. Meskipun bangunannya sudah tampak tua, tetapi corak yang melekat justru tetap memperlihatkan bukti yang artistik.

Selain itu, bangunan- bangunannya pun tidak utuh lagi. Karena ada beberapa bangunan yang kini tinggal puingnya saja. Meskipun begitu, banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke Taman Sari. Alasannya, Taman Sari memiliki spot yang cantik dan mempesona. Terlebih banyakyang mengatakan bahwa pemandangannya sangat instagramable.

Ada spot yang paling menarik dari destinasi Taman Sari yaitu water castle atau istana air. Water castle merupakan kolam pemandian yang bersatu dengan bangunan ala portugis jawa tersebut. Ketika masuk ke Taman Sari, anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang megah dan unik tanaman hias seperti aglonema.

 

Letak Wisata Taman Sari Yogyakarta

 

Wisata Taman Sari Yogyakarta terletak di Jalan Kompleks Taman Sari Kalurahan Patehan Kecamatan Kraton Kota Yogyakarta Provinsi D.I Yogyakarta. Lokasi ini berada sekitar 1 km dari Keraton Yogyakarta. Dan berada tidak jauh dari Malioboro.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Taman Sari yaitu sebesar Rp5.000 untuk wisatawan lokal atau domestik dan Rp12.000 untuk wisatwan mancanegara atau asing. Biaya ini belum termasuk biaya parkir. Untuk parkir anda bisa menyimpan kendaraan anda di area parkir Keraton Yogyakarta. Anda juga menyewa pemandu wisata untuk mendapatkan informasi yang valid mengenai tempat bersejarah ini. Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp25.000- Rp30.000 untuk menyewa local guide. Pilihlah lokal guide yang memiliki lisensi agar mendapatkan informasi yang benar.

Jam Operasional

Destinasi wisata Taman Sari beroperasi dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB dari hari senin- minggu.

Fasilitas

Fsilitas yang tersedia antara lain:

  1. Pemandu Wisata
  2. Kamar Mandi
  3. AreaParkir
  4. Kantin
  5. Akses untuk wisatawan

Penginapan Terdekat

Tidak usah khawatir soal penginapan. Daerah Taman Sari sangat strategis, anda akan menemukan berbagai penginapan yang jaraknya sangat dekat dengan jarak kurang dari 1 km. Contohnya The Alana Hotel dan lainnya.